07 November 2010

Bolu kukus Coklat & Pandan

ini kue jadul yg paling mudah & cukup di gemari :)
waktu aku kecil, aku sering banget bantuin ibu bikin kue simple ini, tp sampe dewasa aku blom ngerti banget resepnya seperti apa, skrg jadi bakul kue ..jadi penasaran jg pingin coba buat sendiri.
dah bebrapa kali praktek, tp sayang baru kali ini sempat motretnya ..
dan biar gak lupa lagi resepnya di posting ach.., semoga bermanfaat yaa:)

Bolu kukus
Bahan :
5 btr telur
500 gr gula pasir
400 gr terigu segitiga biru ( protein sedang )
50 gr susu bubuk ( aku pake dancow , 2 sachet, lebih sdikit gpp dech :) )
1 sm emulsifier ( aku pake SP )
1 botol sprite 200 ml ( bisa diganti minuman bersoda lainnya ) yang masih fresh ya.., benar2 baru di buka botolnya saat mau ngocok .

Cara :
1. Panaskan kukusan terlebih dahulu hingga mendidih airnya (banyak uapnya).
2. Campur semua bahan yg ada. kocok hingga kental sekali.
3. Ambil 1/3  adonan ke dalam mangkuk kecil. beri pasta / pewarna yg di inginkan (contoh coklat , pandan, dll)
4. Masukkan adonan ke cup lalu beri adonan berwarna diatasnya. lebih cantik jika berseling, nantinya mirip zebra :)
5. Kukus hingga matang. Kurleb 15-20 menit. 

note: ini resep versi aku yaa, setelah hasil beberapa kali praktek, ini yg paling asyik di coba untukku :)

2 komentar:

  1. Mba Yanti,mau nanya yah..apa bolu kukus mesti pake ovalet,ssya suka bgt ma bolu ini tapi di jepang ga ada ovalet,trs dah dua kali nyoba resep bolu kukys tanpa emulsifier,bolunya ga merekah,sedih bgt deh..tolong dong bagi tesep bolu kukus tanpa emulsifier,trz disini juga ga ada gula merah..thanks

    BalasHapus
  2. jadinya berapa mangkuk ya mba?

    BalasHapus